Slawi – Peran PNS sangat penting dalam pembangunan untuk menentukan keberhasilan tugas pemerintahan dan pembangunan yang banyak tergantung dari seberapa besar kapasitas dan kompetensi yang dimilki PNS. Optimalisasi Sumber Daya Manusia dalam menggerakan birokrasi di negara ini adalah suatu keharusan. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal dr. Widodo Joko Mulyono, M.Kes pada pembukaan Workshop Tata Cara Mentoring bagi Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal yang dilaksanakan secara tatap muka dan daring, Selasa (24/5).

          Menurut Widodo hal tersebut dikarenakan kemajuan sebuah Negara tidak ditentukan berdasarkan lamanya negara itu dinyatakan sah berdiri sebagai negara, ataupun tergantung dari Ras apa yang menjadi penduduknya. Tidak pula berdasarkan banyaknya sumber daya alam yang dimiliki. Namun berdasarkan Kualitas Sumber Daya Manusianya. “Workshop tata cara mentoring dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi mentor sehingga dapat mendorong salah satu pengembangan kompetensi (bangkom) melalui  jalur pelaksanaan  mentoring. Sehingga pengembangan kompetensi SDM aparatur tidak hanya bergantung dari pelatihan klasikal,”, jelasnya.

          Lebih lanjut Widodo menyampaikan bahwa hal ini sesuai dengan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Bahwa setiap ASN harus mendapatkan pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kinerja individu. Setiap ASN harus mendapatkan 20 JP pengembangan kompetensi. Jika hanya ditempuh melalui jalur pendidikan dan pelatihan maka akan memerlukan anggaran negara yang sangat besar. Dalam rangka menjawab kebutuhan bangkom, maka perlu didorong agar kita membesarkan mentoring yang efektif untuk meningkatkan kompetensi SDM Apatur. Disamping itu secara tidak langsung indeks profesionalitas ASN akan meningkat.

          Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tegal, Mujahidin, SH, MH menyampaikan bahwa  sasaran Workshop Tatacara Mentoring adalah terbangunnya kompetensi Peserta dalam melaksanakan mentoring di tempat kerja. Workshop tatacara mentoring diselenggarakan oleh BKPSDM Kabupaten Tegal ini dilaksanakan secara live streaming yang wajib diikuti oleh 93 pejabat administrator dan tatap muka diikuti oleh 60 orang pejabat administrator bertempat di Syailendra Grand Dian Hotel Slawi selama 2 hari tanggal 24 dan 25 Mei 2021. Adapun Narasumber kegiatan ini adalah Widyaiswara Utama dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Tengah. (sekrt)