Slawi, - Bupati Tegal Dra. Umi Azizah melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.b) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal bertempat di Ruang Rapat Bupati Tegal, Jum’at (10/6). Sembilan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) ini merupakan hasil assesment beberapa waktu lalu. 

Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan tersebut dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal dr. Widodo Jokomulyono, M.Kes, MM  beserta Asisten Setda, Staf Ahi Bupati, Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Bagian di Lingkungan Setda, serta unsur Forkompimda, pers, dan tentunya Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik.

Bupati Tegal dalam sambutan dan pengarahannya seusai melantik dan mengambil sumpah/janji para pejabat mengingatkan bahwa sistem pengembangan karir melalui mutasi agar dimaknai sebagai penyegaran, refreshman pegawai yang telah mencapai batas maksimal memimpin organisasi yang sama disamping pula untuk mengisi jabatan yang lowong. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja atau performa organisasi karena ada jabatan kritikal yang harus disi oleh pejabat yang tidak saja berkompeten tetapi juga memiliki jiwa dan semangat melayani tanpa pamrih terlebih jika menyangkut pelayanan pubik yang muaranya adalah kepuasan masyarakat sehingga aspek kecepatan, akurasi, keterbukaan, kesopanan, keramahan dan kemudahan yang diberikan menjadi tolok ukur utama” Ungkap Umi. “Untuk itu diperlukan pemimpin yang visioner dan berintegritas, kepemimpinan yang baik, figure pemimpin yang mau mendengar, bisa merasakan dan cepat bertindak manakala terjadi permasalahan. Sebagai pejabat ASN harus siap dimutasi dan didemosi jika kinerjanya tidak maksimal. Oleh karena itu gunakan segala cara baik pengetahuan, kekuatan kewenangan, otoritas jejaring kerjasama antar dinas melalui asisten Setda untuk mengatasi segala permasalahan di masyarakat”. Sambung bupati

“Pegang teguh integritas, tidak korupsi dan kedepankan sikap profesional dan jangan lupa selalu berdoa mohon petunjuk ALLAH SWT agar senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, kemampuan, kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Dan yang terpenting adalah selamat sampai akhir jabatan” pesan Umi dalam pengarahannya.

Adapun 9 (sembilan) pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dirotasi adalah Kepala Dinas Perikanan Drs. M Berlian Adjie, MM yang sebelumnya adalah Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Perekonomian dan Keuangan yang selanjutnya diganti oleh Prasetiawan, SH, M.Hum. Adapun Inspektur Kabupaten Tegal dijabat oleh Saidno, AP, M.Si yang sebelumnya adalah Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata. Muhammad Budi Eko Setiawan, ST, MM dirotasi menjadi Kepala Dinas Perhubungan menggantikan Drs. Akhmad Uwes Qoroni, MT yang mutasi menjadi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata. Sedangkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan dijabat oleh Jaenal Dasmin, BE, S.Sos, MM yang sebelumnya adalah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan digantikan oleh Elliya Hidayah, S.IP, MM yang awalnya adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sedangkan jabatan yang ditinggalkannya digantikan oleh Ir. Khofifah, MM yang sebelumnya adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada Dinas Perikanan. Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang terakhir dirotasi adalah Kepala Dinas Sosial Dra. Nurhayati, MM menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. (sekrt-mp)