Sesuai dengan undang - undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, disebutkan bahwa inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dalam mencapai tujuan tersebut, sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah. 
Bentuk inovasi daerah diartikan semua bentuk pembaharuan untuk peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. implementasinya dalam tata kelola pemerintah daerah meliputi penataan tata laksana internal dalam pelaksanaan fungsi manajemen dan pengelolaan unsur manajemen, pelayanan publik meliputi proses pemberian layanan barang/jasa publik, serta inovasi jenis dan bentuk barang/jasa publik serta bentuk inovasi daerah lainnya.
 
Tujuan diselenggarakan seminar series ke dua ini untuk memberikan wawasan dan pemahaman bagi ASN dalam merancang dan melaksanakan inovasi sehingga dapat : 
  • Mensosialisaikan hasil Pelatihan Kepemimpinan Administrator melalui Aksi Perubahan/Inovasi;
  • Untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, melalui: Peningkatan Pelayanan Publik, Pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan Peningkatan daya saing Daerah;
  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  • Meningkatkan kinerja ASN;
  • Sebagai upaya dalam pemenuhan hak pengembangan kompetensi bagi PNS minimal 20 JP per tahun
Waktu pelaksanaan seminar online kali ini pada hari Kamis, 1 September 2022 selama 4 (empat) Jam dengan peserta seluruh ASN antara lain PNS/CPNS dan PPPK dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal secara zoom meeting dan LiveStreaming Youtube PEMKAB TEGAL. Untuk narasumber pada kegiatan seminar online ini sejumlah 3 (tiga) orang yakni para alumni Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2022 antara lain Indra Rustiono, S.Sos.M.T, Moch. Nurhuda, S.Kep.NS, M.Kes dan Munadi, S.Sos. Sedangkan sebagai laporan oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal dan sebagai pembuka dan keynote speaker oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal.
Adapaun materi yang disampaikan pada kegiatan Seminar online antara lain :
  1. Peningkatan kinerja pengelolaan arsip perangkat daerah melalui penerapan SIPANDU di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal;
  2. Peningkatan pelayanan rawat jalan di RSUD Suradadi Kabupaten Tegal melalui Pendaftaran dan antrian online;
  3. Pemberdayaan petugas penarik retribusi pasar melalui pelaporan perkembangan harga barang pokok dan barang penting ( KEMBAR BAPOKTING) dalam sistem informasi manajemen pasar rakyat (SIMPASAR) di Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal;
Setelah para ASN mengikuti Seminar online Strategi penyusunan dan keberlanjutan inovasi agar mampu membuat dan melaksanakan inovasi sehingga capaian visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal dapat tercapai. (at)