Slawi (11/10),- Untuk memberikan pemahaman tentang program orientasi bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) BKPSDM Kabupaten Tegal melaksanakan sosialisasi program orientasi PPPK pada Rabu 5/10) secara virtual dengan media zoom meetings dan live streaming youtube channel pemkabtegal. Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Sekretaris BKSDM Kabupaten Tegal Yohanes Rafael HK, S.Sos, MM. Adapun peserta dalam kegiatan sosialisasi Orientasi PPPK adalah seluruh PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal sejumlah 1.283 orang.

Dalam sambutannya Sekretaris BKPSDM menyampaikan bahwa Orientasi PPPK wajib diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah dan pelaksanaannya berdasarkan kurikulum dan menggunakan system informasi yang ditetapkan oleh Lembaga Administrasi Negara. “Orientasi dilaksanakan hanya 1 (satu) kali sepanjang ASN berstatus PPPK, dilakukan sesuai kebutuhan instansi pemerintah dan orientasi PPPK tidak termasuk bentuk pelaksanaan pengembangan kompetensi. Sedangkan pengembangan kompetensi diberlakukan Ketika PPPK sudah melaksanakan tugas jabatan dan dibutuhkan upgrading kompetensi atau penyusunan kompetensi karena perubahan lingkungan strategisnya ” Ungkap Rafael.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Slamet, S.Pd, M.Pd memberikan materi Pengembangan Kompetensi bagi PPPK. “Pengembangan kompetensi PPPK adalah pengayaan pengetahuan untuk mendukung pelaksanaan tugas PPPK, pelaksanaan pengembangan kompetensi dilakukan paling lama 24 JP dalam 1 (satu) tahun masa perjanjian kerja” kata Slamet. Lebih lanjut ditegaskan bahwa bagi PPPK yang dinilai melaksanakan pengembangan kompetensi dan mempunyai kinerja sangat baik, dapat menjadi pertimbangan untuk perpanjangan perjanjian kerja.

Sementara itu Agus Triyono, S.STP, MM selaku Analisis Sumber Daya Manusia Aparatur menyampaikan  penjelasan tutorial Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat diakses melalui http://swajar-pppkpintar.lan.go.id/. “LAN menyediakan MOOC SWAJAR PPPK dengan tujuan untuk mendorong budaya belajar mandiri secara efisien dan efektif, MOOC merupakan platform terbuka yang memungkinkan PPPK dapat mengakses platform ini secara bertanggungjawab” ujar Agus.

Pada akhir tutorial dijelaskan pula bahwa MOOC dilengkapi dengan evaluasi akademik untuk mengukur kompetensi peserta PPPK dalam memahami berbagai bahan ajar untuk mendukung tujuan pembelajaran yakni pembentukan karakter PPPK. Evaluasi akademik akan terjadwal di hari ke-15 dihitung peserta mulai login system MOOC PPPK pertama kali.

Seluruh PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal akan melaksanakan Orientasi PPPK agenda tugas dan fungsi ASN mulai 10 – 24 Oktober 2022. (mift)