Slawi, (2/11) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah melakukan visitasi dan verifikasi BPSDMD Awards Tahun 2022 pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tegal, pada Rabu (2/11) dan diterima oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, SH, MH bersama Sekretaris Yohanes Rafael Hongi Kaha, S.Sos, MM, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Slamet, S.Pd, M.Pd, Kepala Bidang Pembinaan, Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur Siti Safuroh, SH, MH dan beberapa Pejabat Fungsional di Lingkungan BKPSDM Kabupaten Tegal. Visitasi dan verifikasi ini merupakan rangkaian kegiatan BPSDMD Awards Tahun 2022 terhadap kabupaten/kota peringkat delapan besar atas penilaian dokumen yang telah disampaikan secara online beberapa waktu yang lalu.

Kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Purwerejo, Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Kabupaten Tegal. Dalam proses visitasi tersebut, Tim penilai yang melakukan verifikasi adalah Andik Arif Asyafii, SH, MM Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi selaku ketua tim, Rini Kuswardani, SE dan Yulansari Samantha, SE selaku anggota.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal menyampaikan apresiasi atas visitasi Tim Penilai ke BKPSDM Kabupaten Tegal. Selain itu dilaporkan pula strategi dan kebijakan serta pengembangan kompetensi yang telah dan akan terus dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal. Inovasi pengembangan kompetensi yang saat ini sedang dilaksanakan adalah berupa mentoring, coaching dan webinar.

Coaching dan mentoring diawali dengan kegiatan bimbingan teknis coaching dan mentoring kepada pejabat administrator sebagai pejabat yang akan melaksanakan coaching dan mentoring kepada bawahannya. Selain itu Webinar juga sudah dilaksanakan dalam 3 series. “webinar seri-1 diberikan kepada seluruh ASN dengan nara sumber Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum dan Kepala BKPSDM. Seri-2 dengan narasumber alumni PKA.” Kata Mujahidin. Terakhir webinar seri-3 dengan tema “pengembangan karir jabatan fungsional bidan" telah dilaksanakan pada bulan Oktober yang lalu dengan peserta seluruh ASN Bidan.

Dalam laporannya juga disampaikan bahwa BKPSDM yang sebelumnya bernama BKD meraih peringkat III BPSDM Awards Tahun 2020 dan pada tahun 2019 meraih predikat sebagai perangkat daerah yang aktif dalam memberikan informasi pengembangan kompetensi melalui media social.

Sementara itu Ketua Tim visitasi dan verifikasi menyampaikan bahwa visitasi dan verifikasi dilakukan untuk menjaring 5 besar yang akan dilanjutkan dengan paparan secara langsung pada tanggal 15 November 2022 di BPSDMD untuk menentukan peringkat 1 sampai dengan peringkat 3.  

Tema BPSDMD Awards tahun 2022 adalah “Menujuh Human Capital berAKHLAK melalui pengembangan kompetensi yang merdeka. “BPSDMD Awards bertujuan untuk mendorong kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan pengembangan kompetensi yang lebih berkualitas dan bermutu” ujar Arif. Selain itu diharapkan agar terbangun inovasi-inovasi dalam pengembangan kompetensi sehingga kewajiban ASN untuk mengembangkan kompetensinya minimal 20 jp dalam setahun dapat terpenuhi.

Pengembangan kompetensi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal berupa coaching dan mentoring serta webinar merupakan salah satu bentuk inovasi pengembangan kompetensi. “inovasi ini sangat mendukung capaian 20 jp dengan anggaran yang rendah namun hasilnya sangat maksimal” tutup Arif. (tr)