Slawi (21/12). BKPSDM Kabupaten Tegal meraih penghargaan BPSDMD Award Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jaw Tengah. Penghargaan secara langsung diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan diterima oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, SH, MH beberapa waktu lalu bertempat di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah (8/12).

"Selamat kepada para BKPP/BKD/BKPSDM Kabupaten/Kota yang telah mendapat oenghargaan BPSDMD Award, semoga dengan penghargaan ini dapat terus meningkatkan inovasi dalam memberikan pelayanan publik" kata Taj yasin. Wkil gubernur juga berharap agar Pemerintah Kabupaten/Kota terus membantu mensukseskan program-program pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut Sekretaris BPSDM Kemendagri T.R. Fahsul Falah, S.Sos, M.Si yang menyampaikan laporan tentang kerangka pokok 7 (tujuh) agenda pembangunan, beberapa jenis dan bentuk kompetensi lingkup Kementerian Dalam negeri, serta memaparkan capaian pembangunan manusia tingkat provinsi dan alokasi anggaran urusan pendidikan dan pelatihan tahun anggaran 2022.

BPSDMD Award tahun 2022 merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada Kabupaten/Kota khususnya perangkat daerah sebagai lembaga pengembangan kompetensi. Tema tahun ini adalah "Menuju Human Capital BerAKHLAK melalui pengembangan kompetensi yang merdeka.

Rangkaian tahapan penilaian diawali dengan pemenuhan dokumen sesuai dengan indikator yang telah ditentukan dengan cara mengupload dokumen melalui link yang telah ditentukan. Selanjutnya dari 18 kabupaten/kota terpilih 8 (delapan) besar yang kemudian dilakukan visitasi dan verifikasi dokumen pengembangan kompetensi.

Setelah visitasi dan verifikasi, dilakukan uji publik yang dilaksanakan di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah pada awal bulan Desember 2022 ini. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, BKPSDM Kabupaten Tegal meraih predikat terbaik 4 (empat) sebagai Lembaga Pengembangan Kompetensi yang Kontributif, Kolaboratif dan Inovatif.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal menyampaikan bahwa penghargaan tahun 2022 ini adalah penghargaan ketiga kalinya yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Tegal dalam penilaian BPSDMD Award, sebelumnya pada tahun 2019 dan 2020 juga menerima penghargaan BPSDMD Award. "Apresiasi yang tinggi untuk seluruh pegawai BKPSDM Kabupaten Tegal yang berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal" Kata Mujahidin. (tr)