Slawi--   Kamis, 16 Februari 2023 kemarin Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tegal baru saja menyelesaikan serangkaian acara Penilaian Potensi dan Kompetensi bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. 

Dalam rangka mendukung penyelenggaraan manajemen Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara maka Pemerintah Kabupaten Tegal berupaya untuk mewujudkan pelaksanaan manajemen Aparatur Sipil Negara berdasarkan pada perbandingan antara kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan oleh suatu jabatan dengan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki calon atau pejabat yang menduduki jabatan tersebut. Hal ini sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut maka BKPSDM Kabupaten Tegal menyelenggarakan pelaksanaan penilaian kompetensi bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal tahun 2023 ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelum pelaksanaan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi dimulai para peserta mengikuti acara pembukaan dan pengarahan teknis pada tanggal 13 Februari 2023 di Aula BPKAD Kabupaten Tegal. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan pengarahan teknis peserta mempunyai gambaran tentang bagaimana pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi nantinya, sehingga peserta bisa lebih siap menghadapi kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh kepala UPTD Penilaian Kompetensi ASN ibu Rachmawati, S.Psi disebutkan bahwa Kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi ini  akan dilaksanakan dalam beberapa batch. Untuk batch 1 di tahun 2023 ini dilaksanakan pada tanggal 14-16 Februari 2023. Jumlah peserta yang terjaring di batch 1 ini adalah sejumlah 63 (enampuluh tiga) orang dari 33 (tiga puluh tida) OPD. Adapun untuk tempat pelaksanaan kegiatan ini yaitu di gedung kantor Bappeda Litbang dan gedung Sekretariat DPRD Kabupetan Tegal, selain itu BKPSDM juga bekerjasama dengan UPT Penilaian Kompetensi BKPSDM Kota Tangerang.

Kegiatan ini dibuka oleh PLh. Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Bapak Yohanes Rafael Hongi Kaha, S.Sos., MM dilanjutkan pengarahan teknis oleh Kepala UPTD Penilaian Kompetensi BKPSDM Kabupaten Tegal.

Meskipun dari 63 peserta yang sudah terjaring hanya 55 (limapuluh lima) orang yang dapat mengikuti kegiatan penilaian  potensi dan kompetensi, tapi secara keseluruhan rangkaian kegiatan penilaian potensi dan kompetensi  bagi PNS yang dimulai dengan Psikometri, Analisa kasus, LGD dan wawancara telah berjalan dengan lancar dan baik sebagaimana yang disampaiakan dari beberapa testimoni peserta. (NDEE)