Slawi, - Dalam rangka tercapainya peningkatan kualitas pengembangan kompetensi sehingga proses dan hasil program pengembangan kompetensi dapat dijamin menjadi suatu program pengembangan kompetensi yang sistematis, efektif dan efisien serta tercapainya kesepahaman dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi maka BKPSDM Kabupaten Tegal menyelenggarakan sosialisasi program dan soft launching aplikasi pengembangan kompetensi bagi ASN Pemkab Tegal pada Selasa (28/02/2023) di Gedung Dadali yang dihadiri oleh sekitar 100 orang perwakilan perangkat daerah, UPTD Pusekesmas, dan KWK Dikbud.

Dalam laporanya, Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, SH, MH menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan kebijakan terkini tentang pengembangan kompetensi di Kabupaten Tegal baik jalur pendidikan maupun jalur pelatihan, serta pengenalan Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi Terintegrasi (SiPeTis) sehingga mampu melaksanakan dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas ASN yang profesional dalam pelaksanaan pelayanan publik.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal dr. Widodo Joko Mulyono, m.Kes, MM dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yang telah memfasilitasi replika aplikasi pengembangan komopetensi, dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BKPSDM Kab.Tegal atas dedikasi dan upaya yang dilakukan terus-menerus untuk menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas dengan menerapkan aplikasi bagi ASN Kabupaten Tegal.

"Kepada ASN yang telah menyelesaikan pengembangan kompetensi dalam bentuk pelatihan, bimbingan teknis, worshop, seminar, webinar, lokakarya dan bentuk-bentuk pelatihan lainnya agar melaporkan secara online melalui SiPeTis pada menu Lapor Pelatihan. Selanjutnya BKPSDM agar melaporkan pengembangan kompetensi yang telah dilaksanakan oleh ASN kepada BKN sehingga nilai Indeks Profesionalitas ASN Pemkab Tegal meningkat" harap Sekda.

Pada kesempatan yang sama Plt Kabid Pengembangan SDM Agus Triono, S.STP, MM mengatakan bahwa seluruh pelayanan pengembangan kompetensi melalui jalur pendidikan dilakukan secara online, dan jalur pelatihan menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pelatihan. Adapun link aplikasi SiPeTis adalah http://sipetis.tegalkab.go.id/sipetis dengan menu antara lain: menu pembelajaran pelatihan (LMS), Sijari On AKPK, Lapor Pelatihan, Konsultasi Pendidikan, Tugas Belajar, Penggunaan Gelar atau Peningkatan Pendidikan, dan fitur SIMPEG Kabupaten Tegal.

"Kegiatan ini dilaksanakan berkat kolaborasi antara BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Universitas Panca Sakti Tegal, Universitas Peradaban Bumiayu, BKPSDM Kabupaten Tegal, dan Dinas Kominfo Kabupaten Tegal. hal ini merupakan perwujudan dari Corporate University (CorpU) Pemerintah Kabupaten Tegal" pungkasnya. (gustri)