Slawi, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula BKPSDM, Senin (13/3).

Kegiatan forum Perangkat Daerah dihadiri oleh sejumlah Pejabat diantaranya Wakil Ketua Komisi I M. Khuzaeni, SE, SH, Sekretaris Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Tegal Fakihurrohman, S.Sos, MM, Perencana Madya Bappedalitbang Febri Hastiyanto, S.Sos, M.AP, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas mewakili perangkat daerah se-Kabupaten Tegal.

Kepala BKPSDM Mujahidin, SH, MH menyampaikan bahwa penyusunan dokumen rencana kerja tahun 2024 menjadi salah satu masukan dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten Tegal Tahun 2024 dan sebagai penjabaran dari Rencana Strategis BKPSDM Tahun 2019-2024 sehingga tahun 2024 merupakan tahun terakhir dari perencanaan jangka menengah Pemerintah Kabupaten Tegal. Salah satu rangkaian dalam proses perencanaan pembangunan tersebut adalah dilaksanakannya kegiatan Forum Perangkat Daerah.

Oleh karena itu dalam kegiatan ini diharapkan masukan, saran, dan usulan untuk penyempurnaan rancangan kebijakan dan rencana kerja badan yang nantinya akan tersusun dalam Rencana Kerja BKPSDM tahun 2024.

“dengan adanya kegiatan ini diharapkan terdapat keselarasan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran, prioritas dan focus pembangunan daerah sesuai dengan kewenangan perangkat daerah” harapnya.

Dalam kegiatan itu, disampaikan kondisi dan permasalahan yang ada di bidang kepegawaian serta rancangan program dan kegiatan beserta target-target dan pendanaannya berdasarkan pagu anggaran.

Dalam kesempatan tersebut perwakilan dari organisasi profesi Kesehatan yaitu IDI, IBI dan PPNI mengusulkan agar dilaksanakan pengembangan kompetensi bagi tenaga pelayanan Kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, karena peningkatan kompetensi yang selama ini dilakukan oleh tenaga kesehatan dibiayai secara mandiri. Disamping itu juga diharapkan agar tenaga Kesehatan yang ada di BLUD Puskesmas dapat lebih diperhatikan kesejahteraannya karena terdapat beberapa tenaga kesehatan maupun tenaga administrasi mendapatkan jasa pelayanan yang masih jauh dibandingkan dengan tambahan penghasilan yang diperoleh PNS lainnya.

Sementara itu Wakil ketua Komisi 1 Muh. Khuzaeni, SE, SH berharap agar tenaga harian lepas yang saat ini dilakukan kontrak kerja secara perorangan dapat mempedomani peraturan perundangan tentang ketenagakerjaan.

Sekretaris KORPRI Fakihurrohman, S.Sos, MM menyampaikan bahwa Gedung KORPRI yang berlokasi di Kawasan Alun-Alun Slawi perlu dilakukan revitalisasi sehingga dapat menunjang keberadaan Kawasan.

Sebelum kegiatan berakhir, Perencana Madya Febri Hastiyanto, S.Sos, M.AP memberikan tanggapan, saran dan masukan terhadap rancangan rencana kerja BKPSDM Kabupaten Tegal tahun 2024. Dijelaskan pula tentang strategi perencanaan daerah dalam rangka mendapatkan dokumen perencanaan yang baik sehingga ketercapaian target-target indikator dapat dipastikan dengan pendayagunaan sumber daya yang lebih efektif dan efisien.

Penandatangan berita acara hasil kesepakatan forum perangkat daerah yang dilakukan oleh perwakilan peserta forum menjadi penutup kegiatan yang berlangsung sampai sore hari tersebut. (tr)