Slawi (19-06-2023) - Pemerintah Kabupaten Tegal berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) seri-empat dengan tema Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital (FPD) dan Junior Office Operator (JOO) bagi ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Tegal tahun 2023. Kegiatan dibuka oleh Bupati Tegal Umi Azizah pada Senin (19-06-2023) bertempat di Universitas Bhamada Slawi dengan dihadiri oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal, Plt. Kepala Dinas Dikbud, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas TanKP, Rektor Universitas Bhamada Slawi, dan tamu Undangan serta Tim Pengajar dan peserta pelatihan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, SH, MH, dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sikap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. Sedangkan tujuannya adalah memberikan pemahaman dan pedoman bagi ASN dalam melaksanakan pelayanan public atau bidang pembelajaran melalui TIK pada masyarakat sehingga dapat mempercepat transformasi sistem pemerintah berbabis elektronik, meningkatkan kualitas pelayanan public, meningkatkan kinerja ASN, menambah literasi diigitalisasi dalam pembelajaran sebagai upaya pemenuhan hak kompetensi bagi PNS minimal 20 JP pertahun dan memperkuat Smart ASN dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pelatihan teknis bersifat klasikal ini dilaksanakan dalam 6 kelas, dengan peserta sejumlah 180 ASN yang terbagi dalam 2 tema pelatihan, yaitu fasilitator pembelajaran digital (FPD) dengan peserta 120 ASN (guru, penyuluh dan instruktur) yang dilaksanakan dalam 36 JP dalam 4 hari (19 s.d 22 Juni) dengan tujuan membekali ketrampilan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran dan dalam menggunakan kelas online. Sedangkan Tema Junior Office operator diikuti oleh 60 ASN dari perwakilan perangkat daerah jabatan pengawas, pelaksana dan fungsional. Dilaksanakan selama 40 JP dalam 5 hari (19-23 Juni) dengan tujuan agar ASN mampu untuk mengoperasionalkan aplikasi perkantoran tingkat dasar, internet, media sosial dan kemanan informasinya.

Kepala Pusdiklat Badan Litbang Kementerian Kominfo yang diwakili oleh Fungsional Muda Pengembangan Tekhnologi Pembelajaran Adi Novianprihantoro, S.Kom, MM menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan GTA tahun ini merupakan kegiatan yang keempat yang dimulai pada tahun 2022 dalam 3 seri dengan jumlah alumni 518 orang. Sedangkan tahun 2023 merupakan seri yang keempat dengan peserta 180 orang. Dalam sambutannya Adi Novian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Tegal yang telah membantu program directif Menteri yaitu Program Digital Talent Scolarship berupa Government Transformation Academy.

Dalam pengarahannya sesaat setelah membuka kegiatan GTA, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan bahwa perubahan dinamika global dan masyarakat telah menuntut setiap diri kita untuk mendiskrupsi maindset pola dan budaya kerja yang semakin adaptif pada penggunaan tekhnologi informasi tak terkecuali dunia pendidikan yang mengedepankan konsep belajar mandiri dan terpadu serta memanfaatkan ragam teknologi digital untuk mendukung pembelajaran dikelas. Perubahan dinamika global di era digital society 5.0 telah menuntut penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis digital (SPBE). Maka untuk mendukung digitalisasi di lingkungan pendidikan dan penyelenggaraan pemerintahan diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidang tekhnologi informasi dari mulai penguasaan software, hardware, system keamanan dan implementasi membangun SMART CITY. Perubahan kurikulum merdeka dan platform mengajar merdeka yang menjadi semacam online university bagi para guru untuk bisa mengakses berbagai kebutuhan dalam mengajar, belajar dan berkarya sesuai dengan tuntutan untuk menghadirkan merdeka belajar dalam dunia pendidikan.

“Niatkan untuk meningkakan kompetensi dan bekal keterampilan untuk menunjang kinerja agar bisa bekerja lebih baik, lebih efektif dengan memanfaatkan teknhologi informasi dan siap menjadi agen perubahan di unit kerjanya masing-masing” Pesan Bupati mengakhiri arahannya. (tr)