Slawi (28-06-2023)- Guna meningkatkan kompetensi petugas SAR (Search And Rescue), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal atas asistensi dengan BKPSDM Kabupaten Tegal menyelenggarakan pelatihan tentang pencarian dan pertolongan atau SAR. Pelatihan dilaksanakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 19-24 Juni 2023 bertempat di Kantor BPBD Kabupaten Tegal jalan Jenderal Gatot Subroto Slawi dengan instruktur dari Basarnas Semarang. 
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah, S.IP, MM melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Widi Harsono, S.Pi, M.Si menyatakan, selama pelaksanaan dipusatkan di lingkungan kantor BPBD dan untuk praktik dilaksanakan pada kawasan Waduk Cacaban. Sedangkan desain penyelenggaraan kegiatan dipersiapkan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Semarang dengan metode teori dan praktik."Pelatihan pencarian dan pertolongan kali ini diikuti oleh 22 peserta berasal dari unsur ASN BPBD dan satuan tugas (Satgas), serta Relawan Penanggulangan Bencana yang merupakan bagian dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana Kabupaten Tegal" Kata Widi. ditambahkan pula bahwa hasil dari pelatihan ini adalah tersedianya tenaga rescuer yang mampu melaksanakan pertolongan dan penyelamatan korban yang mengalami musibah atau kecelakaan di tempat ketinggian, serta bencana perkotaan dengan cepat, tepat, dan aman. 
 
Asisten I, Dadang Darusman yang membuka kegiatan tersebut berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan panduan penyelamatan pertolongan pertama di lingkungan High Angel Rescue Techniques, serta USAR dengan mengutamakan aspek keselamatan baik penolong maupun korban. "dari sini nantinya akan ada peningkatan kemampuan personal maupun tim dan jaminan keselamatan kerja bagi tim TRC BPBD" Ujar Dadang. Menurutnya beban tugas dan tanggung jawab pelayanan pencarian dan pertolongan atau SAR dalam penanganan bencana di perlukan kompetensi yang cukup bagi institusi-institusi terkait penanggulangan bencana.
 
Sementara itu Sekretaris BKPSDM Kabupaten Tegal Yohanes Rafael Hongi Kaha, S.Sos, MM yang hadir mendampingi Asisten I menyampaikan bahwa BKPSDM Kabupaten Tegal mendukung pelaksanaan pelatihan ini dengan memberikan penguatan pada penyelenggaraan pelatihan. "karena keterbatasan anggaran yang dimiliki BKPSDM, sedangkan di semua perangkat daerah sudah tersedia anggaran pendidikan dan pelatihan berdasarkan tugas dan fungsi, maka kegiatan-kegiatan seperti harus dapat dilakukan oleh seluruh perangkat daerah dengan berkoordinasi dengan BKPSDM khususnya Bidang Perngembangan SDM" harap Rafael. (mift)