Slawi (28-06-2023),- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah melakukan visitasi dan verifikasi Bangkom Jateng Awards Tahun 2023 pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tegal, pada Senin (26/06/2023) dan diterima oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, SH, MH bersama Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Agus Triono, S.STP, MM. Visitasi dan verifikasi ini merupakan rangkaian kegiatan Bangkom Jateng Awards Tahun 2023 terhadap kabupaten/kota peringkat enam besar atas penilaian pengembangan kompetensi yang disampaikan dalam bentuk audio visual yang telah disampaikan secara online beberapa waktu yang lalu. Kabupaten Tegal merupakan salah satu selain Kabupaten Cilacap, Kota Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Demak, dan Kota Surakarta. Dalam proses visitasi tersebut, Tim penilai yang melakukan verifikasi adalah Lilik Budi Irwanto, S.Sos, MPA dan 3 orang anggota tim.
 
Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal menyampaikan apresiasi atas visitasi Tim Penilai ke Pemerintah Kabupaten Tegal, selain itu dilaporkan pula strategi dan kebijakan serta pengembangan kompetensi yang telah dan akan terus dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal. Untuk membentuk Smart ASN dilaksanakan beberapa pengembangan kompetensi diantaranya, pelatihan junior office operator, pelatihan fasilitator pembelajaran digital, pelatihan digital public relation, pelatihan analis kota Cerdas dan pelatihan manajemen resiko SPBE dengan bekerjasama dengan Pusdiklat Kementerian Kominfo. "BKPSDM yang sebelumnya bernama BKD meraih peringkat IV BPSDMD Awards Tahun 2022, peringkat III BPSDM Awards Tahun 2020 dan pada tahun 2019 meraih predikat sebagai perangkat daerah yang aktif dalam memberikan informasi pengembangan kompetensi melalui media social" terang Mujahidin.
 
Sementara itu Ketua Tim visitasi dan verifikasi menyampaikan bahwa visitasi dan verifikasi dilakukan untuk menjaring 5 besar yang akan dilanjutkan dengan paparan secara langsung pada tanggal 21 Juli 2023 di BPSDMD untuk menentukan peringkat 1 sampai dengan peringkat 5.  Tema Bangkom Jateng Awards Tahun 2023 adalah “Akselerasi Pengembangan Kompetensi Mewujudkan ASN dengan kinerja berdampak" Ketua Tim Penilai Lilik Budi Irwanto menjelaskan bahwa Bangkom Jateng Awards yang sebelumnya memakai nama BPSDMD Awards bertujuan untuk mendorong kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan pengembangan kompetensi yang lebih berkualitas dan bermutu. "diharapkan agar terbangun inovasi-inovasi dalam pengembangan kompetensi sehingga kewajiban ASN untuk mengembangkan kompetensinya minimal 20 jp dalam setahun dapat terpenuhi" kata Lilik. (mift).