Slawi, (28-06-2023),- Selasa, 27 Juni 2023 akhirnya menjadi hari yang paling dinantikan, Bupati Tegal Dra. Umi Azizah mengambil sumpah/ janji dan menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan dan Perjajian Kerja PPPK Guru formasi Tahun 2022. Bertempat di Lapangan Pemda Kapubaten Tegal, diikuti oleh 1453 PPPK Guru Formasi Tahun 2022 euforia terasa sejak pagi hari peserta mulai berdatangan memenuhi lapangan pemda. Banyak dari peserta yang datang dengan diantar oleh keluarga mereka, yang menandakan  betapa bahagianya mereka menyambut hari ini. Mungkin inilah hari yang sudah dinanti selama bertahun-tahun bagi mereka para guru honorer yang akhirnya masuk ke dalam kategori P1 sehingga bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal.

Didampingi oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tegal Mujahidin, SH, MH, Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan secara simbolis SK Pengangkatan dan Perjanjian Kerja PPPK Guru formasi Tahun 2022 kepada 4 (empat) orang perwakilan yaitu Lifiati 'Alimatunnisa, S.Pd, Guru Matematika SMP Negeri 2 Talang, Majid Abdilah, S.Pd.SD, Guru Kelas SDN Bukateja 01 Kecamatan Balapulang, Akmalul Fikri, S.Pd, Guru Penjasorkes SMP Negeri 1 Jatinegara, dan Sri Fatmah Muliawati, S.Pd.I, Guru Agama Islam SDN Kladawa 02 Kecamatan Talang.

Adapun jumlah guru PPPK untuk masing-masing jenis jabatan adalah sebagai berikut:

-  Ahli Pertama - Guru Agama Islam sejumlah 138 orang

-  Ahli Pertama - Guru Bahasa Indonesia sejumlah 54 orang

-  Ahli Pertama - Guru Bahasa Inggris sejumlah 12 orang

-  Ahli Pertama - Guru Bimbingan Konseling sejumlah15 orang

-  Ahli Pertama - Guru IPA sejumlah 39 orang

-  Ahli Pertama - Guru IPS sejumlah 26 orang

-  Ahli Pertama - Guru Kelas sejumlah 1.032 orang

-  Ahli Pertama - Guru Matematika sejumlah 58 orang

-  Ahli Pertama - Guru Penjasorkes sejumlah 17 orang

-  Ahli Pertama - Guru PPKN sejumlah 16 orang

-  Ahli pertama - Guru Prakarya dan Kewirausahaan sejumlah 18 orang

-  Ahli Pertama - Guru Seni Budaya sejumlah 22 orang

-  Ahli Pertama - Guru TIK sejumlah 6 orang

Acara diakhiri dengan pelepasan puluhan balon ke udara oleh Bupati Tegal dikelilingi oleh seluruh PPPK Guru yang hadir sebagai simbol akan harapan yang tinggi bagi pendidikan di Kabupaten Tegal di tangan para guru PPPK. Selanjutnya untuk pembagian SK dan penandatanganan Perjanjian Kerja bagi seluruh PPPK Guru Formasi Tahun 2022 akan diumumkan kemudian oleh pihak BKPSDM (end).