Slawi (21/08/2023),- Pemerintah Kabupaten Tegal kembali menerima di bidang manajemen kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia, kali ini penghargaan yang diterima adalah Pengembangan Kompetensi (Bangkom) Aparatur Sipil Negara (ASN). Bertempat di Gedung Sasana Widya Praja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah pada beberapa waktu lalu (14/08/2023) Bupati Tegal Umi Azizah menerima penghargaan terbaik keenam Bangkom Jateng Award 2023 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Bupati Tegal Umi Azizah dan lima kepala daerah lainnya.
 
Dalam sambutannya, Gubernur ganjar menyampaikan bahwa pengembangan kompetensi (bangkom) ASN melalui metode pendidikan dan pelatihan akan mendorong lahirnya inovasi. Jika inovasinya tidak berhenti, maka birokrasi pemerintahnya akan menjadi penggerak yang akan membawa perubahan yang berdampak, terutama di masyarakat. Budaya inovasi di birokrasi untuk menciptakan tatanan dan perubahan ke arah yang lebih baik harus ditunjang oleh sumber daya ASN yang adaptif, berpikir dan bertindak cepat. Sehingga program pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan kompetensi akan menjadi learning process yang tidak pernah berhenti.
 
"Melalui gerakan Jateng Pinter bareng, ASN Sinau Bareng  merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi ASN mengejar ketertinggalan, mencari terobosan dengan cara-cara baru, antara lain melalui pola techno training center, dan corporate university" kata Ganjar.
 
Sementara itu Bupati Umi mengaku senang dan mengucapkan terima kasihnya kepada jajaran BKPSDM Kabupaten Tegal dan seluruh perangkat daerah yang telah berupaya mendukung pengembangan kompetensi ASN di Lingkungan Pemkab Tegal.Menurutnya Bankom ASN tidak hanya menjadi ranah kewenangan BKPSDM semata, melainkan juga tanggungjawab perangkat daerah dalam mencetak sumber daya aparaturnya yang berkualitas dengan kinerjanya yang unggul, profesional, adaptif dan responsif terhadap perubahan. Selain itu Pemkab Tegal juga telah memiliki sistem informasi pengembangan kompetensi terintegrasi (SiPetis).
 
Pelaksana tugas Kepala BPSDMD Provinsi jawa Tengah Sumarhendro menerangkan bahwa kegiatan Bankom Award 2023 ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan kompetensi ASN sekaligus mendorong upaya peningkatan kualitas penyelenggaraanya oleh pemerintah daerah di Jawa Tengah, disamping memberikan apresiasi dan penghargaan. Adapun penyelenggara Bankom terbaik lainnya antara lain Pemkot Semarang, pemkab Purworejo, Pemkab Cilacap, Pemkot Surakarta dan Pemkab Demak.(tr)
 
sumber : http://setda.tegalkab.go.id/