Slawi, (02/10/2023). Bertempat di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Senin 02 Oktober 2023 Bupati Dra. Umi Azizah melantik Amir Makhmud, SE, M.Si sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal menggantikan dr. Widodo Jokomulyono, M.Kes, MM yang purna tugas terhitung mulai tanggal 01 Oktober 2023 ini. 
 
Pengisian Jabatan Sekretaris Daerah ini dilaksanakan melalui Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang sudah dilaksanakan proses dan tahapan seleksi sampai terpilih tiga besar. Pelaksanaannya dilakukan oleh Panitia Seleksi (PANSEL) dan telah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara serta Persetujuan dari Gubernur Jawa Tengah. Adapun peserta yang mengikuti tahapan seleksi JPT Sekda ini adalah berjumlah 10 (sepuluh) orang.
 
Selain jabatan Sekda juga dilakukan pengambilan sumpah/janji jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Kepala Perangkat Daerah) yang dilakukan rotasi/mutasi. Terdapat 5 (lima) Pejabat yang diambil sumpah/janji jabatannya dalam rangka rotasi/mutasi antara lain Dra. Suspriyanti, MM sebelumnya adalah Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan yang menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tegal, Fakihurrohim, S.Sos, MM jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal jabatan sebelumnya adalah Asisten Administrasi Umum, Drs. Abdul Apipudin, M.Si. jabatan baru sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tegal, sebelumnya adalah Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Dessy Arifianto, S.Sos, MT. sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tegal jabatan sebelumnya adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Moh. Soleh, S.Sos., SH., M.Si, M.Kn. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.
 
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pejabat Tinggi Pratama ini dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tegal, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal, KPU, panwaslu, Pansel JPT dan tamu undangan lainnya.
 
Dalam pengarahannya sesaat setelah pelantikan, Bupati Umi Azizah berharap agar Sekda yang baru dapat membantu menuntaskan pelaksanaan RPJMD Kabupaten Tegal tahun 2019-2024 yang sudah tinggal hitungan bulan. Masih ada banyak hal yang harus dikejar dan diperbaiki sampai batas maksimal agar target capaian yang telah ditetapkan dapat diraih. "setelah ini segera beradaptasi, berlari kencang terutama pada hal-hal yang mendesak seperti Perubahan APBD 2023 dan RAPBD 2024 yang saat ini sedang dibahas dengan DPRD" pesan Bupati. "Rancang anggaran semaksimal mungkin dengan porsinya yang berpihak ke masyarakat, kepelayanan publik, manfaatkan era digital, era smart goverment untu menekan belanja publik" lanjut Umi. Dari sisi keuangan, sisi politik anggaran Pejabat Sekda yang baru dilantik cukup berpengalaman karena jabatan sebelumnya adalah Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Tegal dan memiliki rekam jejak karier dibidang perencanaan, penganggaran dan keuangan. (tr)