Slawi (05-06-2024), Tiga pegawai negeri sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal terbaik meraih Penghargaan PNS Teladan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tegal. Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud, SE, MM seusai upacara peringaan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 tingkat Kabupaten Tegal pada Sabtu (01-06-2024) bertempat di Lapangan Upacara Kantor Setda Kabupaten Tegal.
 
Penghargaan PNS Teladan kepada peringkat satu, dua, dan tiga diberikan setelah melalui rangkaian proses tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, penilaian potensi (test psikometrik), rekam jejak dan penilaian kinerja, serta uji gagasan yang diselenggarakan secara marathon sejak tanggal 16 Mei 2024.
 
Seleksi administrasi dan penilaian potensi dilakukan terhadap dua puluh lima PNS yang merupakan PNS teladan dari perangkat daerah. Seleksi Tahap kedua dilakukan kepada peringkat sepuluh besar (12 PNS) yaitu penelusuran rekam jejak dan penilaian kinerja dari atasan dan rekan kerja, serta penyampaian uji gagasan atau best practice atas inovasi dan keteladanannya dilingkungan tempat kerja. Dalam tahap kedua ini dilakukan pula wawancara oleh tim penilai dari Pejabat Pimpinan Tinggi dan Pejabat Administrator.
 
Dari proses seleksi tersebut menghasilkan peringkat kesatu, kedua, dan ketiga yaitu PNS Teladan peringkat pertama adalah Rokhlani, SP, MP, yang merupakan penyuluh Pertanian Ahli madya pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, peringjkat kedua Ir. Tambudi, MM, Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ali Muda pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana. Peringkat ketiga adalah dr. Yuki Fitria Ma'atisya, Sp.N, dokter ahli pertama pada RSUD dr.Soeselo Slawi.
Sebagai bentuk apresiasi atas penghargaan yang diraih, Korpri Kabupaten Tegal juga memberikan hadiah uang tunai kepada PNS Teladan tersebut dengan total berjumlah Rp 6 juta rupiah.
 
Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa tujuan dari penghargaan PNS teladan adalah memberikan motivasi guna meningkatkan kinerja PNS yang lebih profesional, kompetitif dan kompeten dalam pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, pemberian penghargaan ini merupakan wujud penghargaan kepada PNS atas integritas dan loyalitas yang tinggi serta berkinerja baik.
 
Dalam uji gagasan atas best practise yang telah diimplementasikan, Rokhlani berhasil mengembangkan pupuk organik cair, pupuk organik padat, pestisida hayati, dan pestisida nabati. Inovasi tekhnologi pertanian organik ini sudah diajarkan kepada petani melalui penyuluh-penyuluh pertanian dan sudah banyak diterapkan dan dikembangkan petani dan kelompok tani di Kabupaten Tegal. (tr)