Senin, 8 Juli 2024 - Slawi : Sebanyak 121 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemerintah Kabupaten Tegal telah resmi bergabung dalam Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) batch Juli 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.
 
Acara pembukaan pelatihan GTA, yang berlangsung secara daring, dibuka secara langsung oleh Kepala Pusdiklat Kominfo, Baso Saleh. Seluruh peserta yang terdiri dari berbagai perangkat daerah di Kabupaten Tegal aktif mengikuti acara pembukaan ini pada Senin (08/07/2024)
 
Pelatihan GTA kali ini mengusung empat tema utama yang berfokus pada peningkatan kompetensi dalam bidang teknologi informasi yaitu Pelatihan Junior Office Operator diikuti oleh 30 ASN, berlangsung mulai tanggal 8 hingga 12 Juli 2024, 2. Pelatihan Pemanfaatan AI di Pemerintahan diikuti oleh 22 ASN, berlangsung mulai tanggal 8 hingga 11 Juli 2024,  Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital Tingkat Menengah diikuti oleh 51 ASN, berlangsung mulai tanggal 8 hingga 10 Juli 2024 dan Pelatihan Business Process Engineer diikuti oleh 18 ASN, berlangsung mulai tanggal 8 hingga 19 Juli 2024.
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal melalui Kepala Bidang Pengembangan SDM Agus Triono, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kerjasama antara Pusdiklat Kominfo dan Pemerintah Kabupaten Tegal yang telah memungkinkan terselenggaranya pelatihan ini.
 
"Kami berharap setelah mengikuti pelatihan GTA ini, akan terjadi peningkatan signifikan dalam kompetensi ASN, khususnya dalam penerapan teknologi informasi. Hal ini diharapkan dapat mendukung kinerja individu dan meningkatkan efisiensi organisasi," ujar Agus Triono dengan penuh optimisme.
 
Pelatihan GTA tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, tetapi juga untuk mempersiapkan ASN dalam menghadapi tantangan dan tuntutan perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks di era digital ini. Harapannya, para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan baru mereka dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan efektif bagi masyarakat Kabupaten Tegal. (mm)