Hasil SKM pada BKPSDM Kabupaten Tegal Tahun 2021
No |
Nama Unit Kerja |
Nilai IKM |
Mutu Pelayanan |
Unsur Penilaian |
Jenis Pelayanan |
|
Nilai Terendah |
Nilai Tertinggi |
|||||
1. |
Sekretariat |
80,19 |
B |
2,98 |
3,97 |
Kesekretariatan |
2. |
Bidang PPEKA |
79,44 |
B |
2,92 |
4,00 |
Karepeg, Karis, karsu, Cuti, Suket Hudis, |
3. |
Bidang MP |
79,81 |
B |
2,93 |
3,94 |
KP, SKGB, Mutasi dan Promosi |
4. |
Bidang PPIK |
83,97 |
B |
3,13 |
3,99 |
Pengadaan CASN, Pensiun, dan Sistem Informasi |
5. |
Bidang PSDM |
83,47 |
B |
3,13 |
3,96 |
Latsar, ijin belajar, Suket penggunaan gelar, diklat |
|
BKPSDM |
82,42 |
B |
3,07 |
3,97 |
|
Berdasarkan tabel diatas jika dilihat setiap bidang atau jenis layanan maka nilai IKM tertinggi ada pada Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian (PPIK) dengan nilai sebesar 83,97 dengan mutu pelayanan B dalam kategori kinerja unit pelayanan Baik. Sedangkan nilai IKM terendah ada pada Bidang Pembinaan, Penilaian, dan Evaluasi Kinerja Aparatur dengan nilai IKM 79,44 dengan mutu pelayanan B dalam kategori kinerja Baik.
Nilai IKM Tahun 2021 pada BKPSDM Kabupaten Tegal sebesar 82,42, artinya mutu pelayanan dan kinerja pelayanan BKPSDM Kabupaten Tegal dikategorikan baik. Responden berjumlah 1.861 orang yang merupakan pengguna layanan kepegawaian, karakteristik responden terbanyak memiliki tingkat Pendidikan Diploma 4 atau sarjana sejumlah 74 % dan Diploma 1-3 sebanyak 11 % serta didominasi kaum perempuan yaitu sejumlah 61 %. Unsur pelayanan yang memperoleh nilai skor terendah yaitu waktu penyelesaian pelayanan yaitu sebesar 3,07 % sedangkan unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi yaitu biaya/tarif untuk mendapatkan layanan (3,97 %) yang artinya bahwa layanan yang diberikan BKPSDM tidak dipungut biaya. Secara umum saran yang disampaikan oleh responden berkaitan dengan harapan agar pelayanan BKPSDM yang sudah baik harus dipertahankan terus ditingkatkanSedangkan skor setiap unsur pelayanan tersaji dalam gambar dibawah ini